Agustus 24, 2009

Tahapan Umum Membangun Bisnis Online

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online.

Tahapan tersebut berisi 5 point yang harus kita jalankan :
  1. Menetapkan ide bisnis.
  2. Melakukan riset pasar.
  3. Menyiapkan bahan-bahan berbisnis.
  4. Membuat Website.
  5. Melakukan promosi.
Okay untuk lebih mudah Anda mencerna,kita bahas satu-satu ya...
  1. Menetapkan ide bisnis, Untuk menetapkan ide bisnis yang akan kita jalankan di internet tidaklah susah. Setahu saya, orang Indonesia itu selalu kebanyakan ide. Yang paling sulit menurut saya adalah bagaimana menjalankan ide tersebut agar menjadi sebuah bisnis riil, bukan hanya sekedar "Rencana". Karena yang kita bahas adalah masalah bisnis, tentu ide tersebut haruslah yang bisa menghasilkan income alias duit. Anda bisa dapat ide bisnis dari pergaulan sehari-hari, melihat berita di media massa, atau mengikuti forum-forum diskusi, seminar, dsb. Ide juga bisa muncul dari hobi anda, keahlian anda, atau minat anda terhadap suatu permasalahan. Ide anda itu nanti akan memunculkan yang namanya produk. Baik produk barang riil, maupun produk jasa informasi. Baik produk anda sendiri maupun produk orang lain. Satu hal yang istimewa di bisnis online, untuk mendapatkan suatu ide kita bisa mendapatkan secara gratis. Misal lewat google, amazone, forum milist bisnis di indonesia, jejaring pertemanan seperti facebook, dan masih banyak lagi...!
  2. Melakukan Riset Pasar, Riset di bisnis online berguna untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar produk anda. Atau produk affiliate anda (produk orang lain). Dengan melakukan riset lewat google atau website analisa khusus, maka kita bisa tahu berapa ribu orang calon pencari produk kita dalam sebulan. Karena setiap orang yg pergi ke internet banyak mengetikan sesuatu di google.com misalnya, maka secara otomatis robot google merekam topik apa yang banyak dicari orang dalam sebulan. Jika kita sudah tahu seberapa banyak para pencari topik atau produk kita, maka kita akan yakin produk yang akan dijual banyak peminatnya.
  3. Menyiapkan bahan-bahan berbisnis, Bahan-bahan berbisnis online sama pengertiannya dengan bahan-bahan untuk mengisi toko kita nanti. Kalau dalam bisnis online, bahan utama yang kita perlukan sebagai isi toko kita adalah tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang toko (website) kita. Bahan lain yang diperlukan yaitu gambar-gambar yang menunjang ide toko kita, dan terakhir adalah produk apa yang ingin di jual sebagai inti sumber penghasilan kita.
  4. Membuat Website, Kalau bahan-bahan penunjang sudah kita siapkan tugas kita selanjutnya adalah membuat website (toko), website disini adalah sebagai identitas perusahaan kalau di bisnis online, segala transaksi bermula dari website. Kalau anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan. Tak perlu NPWP, TDP, SIUP, Dsb. Yang anda perlukan adalah nama domain dan sewa hosting. Domain adalah nama website atau toko kita supaya bisa dibuka/diketik orang di internet. Hosting adalah perusahaan tempat kita menyewa ruang atau space toko di dunia online. Kalau di bisnis online, website anda akan bisa mengudara setelah mendapat persetujuan pihak perusahaan hosting sebagai penyedia space toko online. Cukup dengan menyewa pertahun, maka website anda akan bisa dilihat dari tempat manapun di dunia ini sepanjang masih ada sambungan internet.
  5. Melakukan Promosi, Untuk mengundang pengunjung, promosi adalah hal yang paling penting untuk mengundang orang datang ke website anda. Baik dia sebagai calon pembeli ataupun pengunjung yang cuma lihat-lihat saja. Kalau di dunia online, pengunjung yang beli atau tidak beli akan berdampak bagus terhadap website anda. Baik dampak penjualan langsung dari produk maupun dampak tidak langsung dari pemasukan iklan, rating website anda, atau penjualan dikemudian hari.

Untuk lebih jelasnya anda bisa belajar dengan guru saya, dengan mempelajari materi yang diberikan anda pasti akan benar-benar paham "Tahapan Umum Membangun Bisnis Online" yang sebenarnya. Karena Beliau memberikan panduan untuk kita yang benar-benar masih pemula dalam berbisnis online. Klik di sini Untuk anda yang ingin lebih sukses berbisnis online.

"SUKSES MILIK KITA YANG MAU BERUSAHA" ( Bisnisdavit.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar